Pengertian Artikel


Pengertian Artikel – Artikel adalah karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan melalui koran berita, majalah, tabloid, jurnal maupun bulletin dengan tujuan untuk menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur.

Menurut Sumadiria, (2004:1) pengertian artikel adalah tulisan lepas berisi opini seseorang yang mengupas tuntas suatu masalah tertentu yang sifatnya aktual dan kadang-kadang kontroversial dengan tujuan untuk memberi tahu (informatif), mempengaruhi, meyakinkan (persuasif argumentatif), dan menghibur khalayak pembaca (Sumadiria, 2004:1)

Sedangkan definisi artikel Menurut KBBI, artikel adalah “karya tulis lengkap” misalnya laporan berita atau esai dalam majalah. Menurut definisi ini sebuah artikel idelanya membahas seluk beluk suatu tema secara tuntas.

Artikel adalah segala jenis tulisan atau karangan yang terbit atau akan diterbitkan di surat kabar atau majalah. Bisa juga yang ditayangkan atau dibacakan di media elektronik.

Ciri-ciri atau syarat-syarat khusus dalam pembuatan artikel sebagai berikut :

  • Lugas, yaitu penulisan langsung menuju persoalan.
  • Logis, yaitu segala keterangan yang dipaparkan, memiliki dasar dan alasan yang logis (masuk akal) dan dapat diuji kebenarannya.
  • Tuntas, yaitu masalah dikupas secara mendalam.
  • Obyektif, yaitu keterangan yang disajikan sesuai dengan data dan fakta yang ada.
  • Cermat, yaitu berusaha menghindari berbagai kekeliruan walau sekecil apapun.
  • Jelas dan padat, yaitu keterangan yang dikemukakan dapat dipahami pembaca dan tidak bertele-tele.
  • Tidak melibatkan emosi berlebihan, seperti rasa haru, marah, benci atau kagum yang diungkapkan secara berlebihan.
  • Terbuka dan tidak egois, yaitu menerima kemungkinan pendapat baru dan tidak merasa diri paling benar.
  • Memperhatikan bahasa baku dan mengikuti kaidah tanda baca yang diakui.

Tujuan penulisan artikel

Tujuan Penugasan

Misalnya seorang siswa sekolah yang diberi tujuan untuk menulis sebuah artikel.

Tujuan Informasi

Artikel yang tujuannya semata-mata untuk memberikan informasi kepada pembaca mengenai sebuah hal.

Tujuan Persuasi (membujuk)

Artikel yang mengulas sesuatu hal yang didalamnya terkandung muatan pembujukan kepada pembaca untuk melakukan suatu hal atau membeli suatu barang. Misalnya artikel tentang diabetes yang terselip materi promosi akan suatu produk bebas gula yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Secara tidak langsung, ini menjadi sanggahan akan ciri obyektif sebuah artikel yang telah disebutkan diatas.

Tujuan Entertainment

Artikel yang tujuannya untuk menghibur pembaca.

Tujuan Eksistensi

Artikel yang ditulis untuk menjadi penegasan diri atau untuk menyatakan eksistensi diri penulis kepada pembaca.

Tujuan Kreatif

Artikel yang ditulis untuk penyaluran suatu ide.

Tujuan Pemecahan masalah

Yakni artikel yang ditulis dengan tujuan membantu pembaca memecahkan permasalahan yang dihadapi.

Jenis-jenis Artikel

Tartono (2005:85-86) menjelaskan bahawa jenis-jenis artikel diklasifikasikan berdasarkan dari siapa yang menulis dan fungsi atau kepentingannya sebagai berikut.

Berdasarkan penulisnya, ada artikel redaksi dan artikel umum. Artikel redaksi ialah tulisan yang digarap oleh redaksi di bawah tema tertentu yang menjadi isi penerbit. Sedangkan artikel umum merupakan tulisan yang ditulis oleh umum. Jenis artikel berdasarkan fungsinya meliputi artikel khusus dan artikel sponsor. Artikel khusus adalah nama lain dari artikel redaksi. Sedangkan artikel sponsor ialah artikel yang membahas atau memperkenalkan sesuatu.

Setiap jenis artikel tersebut memiliki ciri dan katakteristik yang berbeda-beda. Perbedaan karakteristik tersebut dibedakan atas isi artikel dan gaya penulisannya. Selanjutnya jenis-jenis artikel diungkapkan secara lengkap oleh Mulyono (2012:36-42) sebagai berikut.

Artikel deskriptif

Sesuai dengan keterangan judulnya, deskriptif, artikel ini memberikan informasi tentang satu masalah sehingga pembaca mengetahuinya. Dengan begitu, artikel jenis ini tidak berisi pembahasan atau diskusi detail tentang masalah yang seyogyanya dipahami pembaca.

Artikel eksplanatif

Artikel eksplanatif adalah artikel yang bertujuan memaparkan sekaligus membahas atau mengkaji satu masalah berdasarkan beberapa sudut pandang, terutama sudut pandang penulis sehingga pembaca mengetahui serta memahaminya secara detail.

Artikel pemecahan masalah

Artikel jenis ini memberikan penjelasan tentang apa, mengapa, bagaimanakah masalah itu, disertai penjelasan tentang alternatif-alternatif pemecahannya.

Artikel persuasive

Artikel persuasive merupakan artikel yang bernada membujuk, menyarankan, mengerahkan, mengajak (pembaca) untuk menghindari atau melakukan sesuatu yang terkait dengan pembahasan tentang masalah tertentu. Secara garis besar artikel jenis ini berisi pembahasan tentang apa, dan bagaimana kita atau pembaca harus menyikapinya.

Artikel prediktif

Sesuai dengan sebutannya, artikel prediktif, tulisan jenis ini, mengetengahkan persoalan sekarang dan prediksi persoalan pada masa yang akan datang, disertai langkah-langkah menyongsong harapan yang diprediksikan.

Pengertian Artikel


Artikel Pengertian Artikel