Pengertian Negara


Pengertian , Definisi dan Tujuan Negara – Pengertian Negara adalah suatu organisasi dalam suatu wilayah yang mempunyai kekuasaan tertinggi yang sah dan yang ditaati oleh rakyatnya. Negara merupakan integrasi kekuasaan politik, organisasi pokok kekuatan politik, agency (alat) masyarakat yang memegang kekuasaan mengatur hubungan antarmanusia dalam masyarakat dan menertibkan gejala kekuasaan di dalamnya.

Pengertian Negara Menurut Para Ahli

Pengertian Negara Menurut George Jellinek

Negara merupakan organisasi tertinggi ari bangunan hukum satu sisi dan bangunan masyarakat di sisi lain.” Jellinek mendefinisikan negara dari dua sudut atau segi, yaitu pandangan yuridis dan pandangan sosiologis. Pandangan yuridis digunakan untuk menyelidiki negara sebagai bangunan hukum, sementara pandangan sosiologis digunakan untuk menyelidiki negara sebagai bangunan atau kenyataan masyarakat.

Pengertian Negara Menurut Harold J. Laski

Negara adalah suatu masyarakat yang diintegrasikan karena mempunyai wewenang yang bersifat memaksa dan yang secara sah lebih agung daripada individu atau kelompok yang merupakan bagian dari masyarakat itu.

Pengertian Negara Menurut Roger H. Soltau

Negara adalah alat (agency) atau wewenang (authority) yang mengatur atau mengendalikan persoalan-persoalan bersama, atas nama masyarakat

Pengertian Negara Menurut Max Webber

Suatu masyarakat yang mempunyai monopoli dalam penggunaan kekerasan fisik secara sah dalam suatu wilayah

Pengertian Negara Menurut Robert M. MacIver

Negara adalah asosiasi yang menyelenggarakan penertiban dalam suatu masyarakat di suatu wilayah berdasarkan sistem hukum yang diselenggarakan oleh pemerintah yang untuk maksud tertentu diberi kekuasaan memaksa”.

Pengertian Negara Menurut Prof. Mr. Soekarno

Negara ialah organisasi masyarakat yang mempunyai daerah tertentu, dan kekuasaan negara berlaku sepenuhnya sebagai kedaulatan (souverein).

Pengertian Negara Menurut O. Notohamidjojo

Negara adalah organisasi masyarakat yang bertujuan mengatur dan memelihara masyarakat tertentu dengan kekuasaan

Pengertian Negara Menurut Prof. R. Djokosoetono, S.H

Negara ialah suatu organisasi manusia atau kumpulan manusia yang berada di bawah suatu pemerintahan yang sama

Pengertian Negara Menurut G. Pringgodigdo

Negara ialah suatu organisasi kekuasaan atau organisasi kewibawaan yang harus memenuhi persyaratan unsur-unsur tertentu, yaitu pemerintahan yang berdaulat, wilayah tertentu, dan rakyat yang hidup dengan teratur sehingga merupakan suatu bangsa (national)

Pengertian Negara Menurut Dr. W.L.G Lemaire

Negara kelihatan sebagai suatu masyarakat manusia yang berteritorial yang diorganisasikan

Pengertian Negara Menurut Prof. Miriam Budiardjo

Negara adalah suatu daerah territorial yang rakyatnya diperintah (Governed) oleh sejumlah pejabat yang berhasil menuntut dari warga negaranya ketaatan peraturan perundang-undangannya melalui penguasaan (kontrol) monopolistis dari kekuasaan yang sah

Pengertian Negara Menurut Prof. Dr. J.H.A. Logemann

Negara adalah suatu organisasi kemasyarakatan yang dengan kekuasaannya bertujuan mengatur serta menyelenggarakan suatu Negara

Pengertian Negara Menurut Jean Bodin

Negara adalah suatu persekutuan dari keluarga-keluarga dengan segala kepentingan yang dipimpin oleh akal dari suatu kekuasaan yang berdaulat.

Pengertian Negara Menurut  Aristoteles

Negara adalah perpaduan beberapa keluarga mencakupi beberapa desa, hingga pada akhirnya dapat berdiri sendiri sepenuhnya, dengan tujuan kesenangan dan kehormatan bersama.

Pengertian Negara Menurut Karl Marx

Negara adalah alat kelas yang berkuasa untuk menindas atau mengeksploitasi kelas yang lain.

Pengertian Negara Menurut Roelof Krannenburg

Negara adalah suatu organisasi yang timbul karena kehendak dari suatu golongan atau bangsanya sendiri.

Pengertian Negara Menurut Hegel

Negara merupakan organisasi kesusilaan yang timbul sebagai sintesis antara kemerdekaan individu dengan kemerdekaan universal

Pengertian Negara



Artikel Pengertian Negara