Pengertian Perbankan Syariah


Pengertian Perbankan Syariah – Saat ini bank syariah sudah merambah di Indonesia. Kemunculannya di awal tahun 1990-an yang di prakarsai oleh Majelis Ulama Indonesia atau MUI memiliki peranan penting bagi masyarakat di Indonesia

Bank Syariah adalah suatu sistem bank yang beroperasi sesuai dengan prinsip-prinsip syariah Islam yang  mengikuti ketentuan-ketentuan syariah Islam.Sedangkan menurut wikipedia perbankan syariah atau perbankan Islam adalah suatu sistem perbankan dimana sistem pelaksanannya berdasarkan hukum Islam atau syariah.

Larangan dalam agama Islam merupakan landasan pembentukan sistem ini. Larangan dalam hal ini yaitu meminjamkan atau memungut pinjaman dengan mengenakan bunga pinjaman (riba), serta larangan untuk berinvestasi pada usaha-usaha berkategori terlarang (haram)

Kegiatan bank syariah dalam menentukan harga produknya sangat berbeda dengan bank konvensional.Prinsip yang dibangun bank syariah akan menentukan besar kecilnya bagi hasil terhadap para nasabah penyimpan dana yang disesuaikan dengan jenis simpanan dan jangka waktunya. Pembiayaan berdasarkan prinsip bagi hasil (mudharabah).Pembiayaan berdasarkan prinsip penyertaan modal (musharakah).Prinsip jual beli barang dengan memperoleh keuntungan (murabahah).Pembiayaan barang modal berdasarkan sewa murni tanpa pilihan (ijarah). Dan pilihan pemindahan kepemilikan atas barang yang disewa dari pihak bank oleh pihak lain (ijarah wa iqtina).

Semua prinsip tersebut telah berlandaskan Alquran dan hadis dengan mengharamkan penggunaan harga produknya dengan bunga tertentu.

Pengertian Perbankan Syariah


Artikel Pengertian Perbankan Syariah